Alam Sekitar Kita

about science

Sabtu, 13 Desember 2014

apa yang dimaksud dengan Bioteknologi ?

Apa Bioteknologi itu ??


Bioteknologi adalah terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobilogi, biokimia, genetika, dan biologi monokuler. Definisi bioteknologi secara klasik atau konvensional adalah teknologi yang memanfaatkan agen hayati atau bagian-bagiannya untuk menghasilkan barang dan jasa dalam skala industri untuk memenuhi kebutuhan manusia. Istilah bioteknologi telah diinterpretasikan bermacam-macam. Salah satu definisi yang luas dari bioteknologi adalah pemanfaatan organisme hidup, sistem dan proses untuk membangun berbagai macam industri. Meskipun ini tidak mutlak harus, unsur-unsur komersial harus digunakan dalam memanfaatkan proses biologi pada skala besar. Umumnya, organisme hidup yang digunakan adalah bakteri, jamur dan ganggang. Bioteknologi melibatkan banyak disiplin ilmu, dasar dan terapan. Kerjasama yang baik antarpeneliti di bidang biologi dasar, kimia, mikrobiologi, biofisik, genetika, biokimia, biologi sel & molekuler, teknologi komputer & informasi, ekonomi dan akuntan akan menghasilkan produk bioteknologi yang bermutu. Contoh produk bioteknologi, antara lain, adalah vaksin, steroid, agen diagnostik, kultur jaringan, antibiotik, etanol, metanol, enzim, polimer, purifikasi air minum, pengelolaan sampah, penaggulangan limbah, keju, bir, yoghurt, sirup glukosa dan lain-lain.
B. Manfaat mempelajari bioteknologi bagi kehidupan sehari-hari
Bidang pangan dan pertanian :
o   Pembuatan berbagai pangan olahan yang bernilai jual tinggi dan tahan lama, contohnya pembuatan bir, keju dan roti.
o   Berperan penting dalam merakit berbagai varietas unggul baru. Seperti varietas unggul tahan hama, varietas unggul tahan penyakit, varietas unggul tahan cekaman kekeringan dan lain-lain.
o   Memroduksi bibit dalam jumlah besar dalam waktu cepat.
Bidang medis :
o   Penemuan antibiotik penicillin.
o   Penemuan aneka vaksin .
o   Penemuan hormon insulin
o   Teknologi transfer gen, transflantasi organ dan lain-lain.
ΓΌ  Dalam mengatasi masalah lingkungan :
o   Untuk mencegah atau mengurangi pencemaran, prinsip bioteknologi digunakan dalam menemukan dan menghasilkan energi ramah lingkungan seperti bioetanol, biodiesel dan biogas.
o   Sementara itu, untuk mengatasi pencemaran, prinsip biteknologi menawarkan teknologi pengolahan berbagai limbah industri melalui teknologi bioremediasi.
Bidang sosial :
o   Teknologi tes DNA, yang banyak digunakan untuk mengidentifikasi korban kecelakaan yang yang sudah tidak bisa diidentifikasi secara fisik, mengetahui identitas pelaku kejahatan, memastikan hubungan kekerabatan dan lain-lain.




DAFTAR PUSTAKA



Amien Muhammad. 1985. Pegangan Umum Bioteknologi 3. Jakarta: Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.

Pratiwi.D. A., Maryati,Sri., Srikini,Suharno, S. Bambang.2007. Biologi. Jakarta.Erlangga.

Kurniawan, Rika Dian. 2012. Bioteknologi. Website: http://blog.elearning.unesa.ac.id/rika-dian-kurniawan/bioteknologi Diakses pada 12  Februari 2014 pukul 21.00 (online)

Anonim. 2012. Kelebihan Bioteknologi Konvensional. Website: http://blog.elearning.unesa.ac.id/tag/kelebihan-biotekhnologi-konfensional Diakses pada 12  Februari 2014 pukul 21.30 (online)
Anonim. 2012. Manfaat Bioteknologi bagi Kehidupan Manusiahttp://infomanfaat.com/526/manfaat-bioteknologi-bagi-kehidupan-manusia/teknologi Diakses pada 13  Februari 2014 pukul 22.35(online)
by: Azizatul Zainia

3 komentar:

Menurut saya postingan ini sudah bagus. menambah pengetahuan kita terima kasih infonya yaa
 
artikel ini sangat menarik dan bermnafaat.. trimaksih telah memposting.. :)
 
artikel ini sangat menarik dan bermnafaat.. trimaksih telah memposting.. :)
 

Posting Komentar