Alam Sekitar Kita

about science

Sabtu, 13 Desember 2014

Bagaimana mengenali Ciri-Ciri Makhluk hidup?



Apa Saja Ciri-ciri Makhluk hidup ???

Makhluk hidup baik Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan. Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Adapun ciri-ciri makhluk hidup antara lain sebagai berikut:


Bernapas

Setiap saat kalian bernapas, yaitu menghirup udara yang diantaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup. Kalian dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kalian akan merasakan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.

Memerlukan Makanan dan Minuman

Setiap manusia memerlukan energy. Energi diperoleh manusia dari makan dan minum.

Bergerak

Kamu dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuhmu dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerjan sama membentuk sistem gerak.

Tumbuh dan Berkembang
Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan berat badanmu sekarang dengan tinggi dan berat badanmu waktu masih kecil?. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

Berkembang Biak (Reproduksi)
Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu, ayah dan ibumu masing-masing juga mempunyai orang tua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya.

Peka terhadap Rangsang
Bagaimanakah reaksi kamu jika tiba-tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk?. Tentu secara spontan kamu akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilitas

Menyesuaikan diri terhadap Lingkungan
Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contoh: tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis.
 



Kali ini saya membuat video pembelajaran yang berisi tentang ciri-ciri makhluk hidup baik pada manusia, hewan, ataupun tumbuhan. Video ini berbasis video audio visual yang dilengkapi dengan audio dan penjelasan-penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup. Video pembelajaran ini cocok untuk pembelajaran siswa SMP. 

Selamat menikmati

Semoga bermanfaat


12 komentar:

Nice video.. good article
 
video pembelajarannya sudah bagus..
 
Menurut saya Artikel ini sudah bagus. menambah ilmu pengetahuan Alam kita serta wawasan kita. terima kasih infonya... sangat berguna :) terima kasih infonya ya sangat terbantu..
 
postingannya sangat menarik.. terima kasih informasinya
 
terima kasih untuk infonya sangat membantu dan bermanfaat informasinya juga lengkap banyak disertai video penjelasan yang lengkap . terima kasih ..
 
Artikelnya bagus dan menarik, semoga bermanfaat :)
 
terimakasih, sangat membantu sekali isi dari artikel yang di posting. makasih :D
 
postingan ini penjelasannya lengkap, dan mudah saya pahami.. dapat menambah referensi saya,, terima kasih banyak atas infonya
 
artikel yang sangat bagus, untuk menambah wawasan saya dan referensi, terima kasih atas infonya..
 
artikel ini sangat bagus dan menarikk...
Terimakasih telah memposting..
 
terima kasih untuk penjelelesannya yang lengkap, untuk menambah wawasan dan referensi,.... keep update ya
 
terimakasiih kakak..
artikelnya sangat menarik, penjekasannya juga jelas...
 

Posting Komentar