Alam Sekitar Kita

about science

Sabtu, 13 Desember 2014

Telepon Satelit | Tetep Bisa Komunikasi Walau Di Hutan



 Tetep Bisa Komunikasi Walau Di Hutan

Telepon satelit adalah suatu layanan  telekomunikasi  berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.

Telepon satelit dibagi menjadi beberapa jenis, dua di antaranya adalah :
Telepon Satelit Genggam
Telepon ini dapat digunakan seperti telepon genggam biasa yang memiliki daerah jangkauan lebih luas namun harus tetap berada di luar ruangan. Digunakan oleh petualang, pertolongan darurat, dan daerah terjadi bencana.
Telepon Satelit Menetap
Telepon ini mirip dengan telepon rumah dan dapat digunakan di dalam ruangan karena antena telah dipasang di luar ruangan yang terlihat dari langit.



Cara kerja telepon satelit mirip dengan telepon seluler. Yang membedakan adalah telepon seluler memantulkan sinyal panggilan menuju ke sebuah menara pemancar lalu ke telepon tujuan sedangkan telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa. Selain itu, antena telepon satelit harus berada di tempat yang dapat berkoneksi dengan langit secara langsung tanpa ada penghalang.
Melakukan Panggilan
Penelepon memasukkan nomor telepon yang dituju lalu tekan tanda kirim. Telepon akan memproses untuk menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal lalu mengirim informasi tersebut.
Dari Luar Angkasa ke Bumi
Satelit yang menerima lalu mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat melalui sebuah gateway. Gateway ini mencoba untuk meneruskan panggilan. Apabila panggilan menuju Australia berasal dari Eropa dan gateway tersebut tidak dapat melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada, gateway akan mengirimkan lagi sinyal tersebut ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini dapat terjadi beberapa waktu tergantung seberapa jauh lokasi penelpon dan penerima.
Dari Luar Angkasa ke Bumi, Tahap Terakhir
Gateway menerima panggilan yang datang dari satelit dan diterima oleh jaringan penerima. Format panggilan telah diubah sehingga dapat diterima oleh telepon standar atau telepon seluler. Panggilan dari pemanggil ke penerima dapat tersambung apabila perubahan format telah dilakukan dan koneksi terbangun.

Text Box: Jaringan Telepon Satelit
Jaringan telepon satelit diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yakni :
Geosynchronous (GEO) : Telepon satelit ini menggunakan satelit di orbit geosynchronous sehingga selalu berada di langit setiap saat. Sistem ini mampu mencakup dunia dengan tiga atau empat satelit sehingga biayanya lebih mahal terutama dalam pengadaannya. Satelit ini memiliki kekurangan yaitu adanya beberapa satelit yang rusak di daerah pegunungan dan tebing yang curam. Operator yang menggunakan jaringan ini antara lain:
ACeS MSAT/SkyTerra satelit Amerika 
ICO (Intermediate Circular Orbit)

Low Earth Orbit (LEO) merupakan suatu satelit nirkabel yang tidak memiliki celah. Satelit ini terus menerus mengelilingi bumi dan memiliki orbit yang kecepatannya tinggi namun ketinggiannya rendah sehingga daya jangkaunya pun sempit. Untuk menjangkau suatu daerah, LEO harus mengorbitkan satu satelitnya sehingga biaya produksi tinggi dan mereka belum dapat beroperasi maksimal.
Proposed System
Teledesic perusahaan Bill Gates yang direncanakan umtuk membuat jangkauan internet dengan satelit namun akhirnya gagal.
Ellipso merupakan perusahaan gabungan dengan ICO


Membuat suatu hubungan dengan orang-orang yang tinggal di daerah terpencil dan tidak terhubung jaringan telepon GSM
Telepon satelit memiliki jangkauan telepon yang tidak mudah terputus oleh cuaca dan bencana alam sehingga mudah untuk memantau suatu daerah yang sedang dalam kondisi porak poranda akibat bencana alam
Untuk daerah berstatus militer sangat berbahaya, tetap dapat membuat suatu hubungan dengan telepon satelit walaupun jaringan telepon GSM diputus
Menghubungkan dua lokasi yang sangat jauh dalam waktu yang sangat singkat
Menjangkau hinga ke tengah samudera
Telepon satelit tahan terhadap air dan guncangan


14 komentar:

Sangat menarik dan bermanfaat untuk tambahan informasi dan tambahan referensi :)
 
Menurut saya artikelnya sudah bagus, dan dapat menambah wawasan serta referensi kita, informasinya juga menarik. terima kasih infonya
 
Terima kasih infonya kakaaak, sangat menarik dan menambah wawasan baru. terima kasih infonya yaa..
 
makasih infonya.. artikel ini menjadi bahan pengetahuan yang sangat menarik..
 
Informasinya bagus dan mudah dipahami. Terima kasih :)
 
artikelnya sudah bagus, menarik dan sangat bermanfaat bagi saya. terima kasih
 
terimakasih, sangat membantu sekali isi dari artikel yang di posting. makasih :D
 
infonya menarik sekali ,, terima kasih karena telah menambah wawasan kepada saya :)
 
terima kasih kak sudah membantu... artikel yang sangat bagus,, penjelasannya lengkap, dan mudah saya pahami.. terima kasih banyak atas infonya
 
baguuuss sekali artikelnya dan menarik
 
artikel yang sangat bagusterima kasih banyak atas infonya..
 
terima kasih untuk tambahan wawasan dan referensi, terima kasih banyak atas infonya.. terima kasih sudah membantu..
 
Blognya bagus... Infonya menarik dan bermanfaat sekali. Nambah pengetahuan. :)
 
waahh tampilan blognya bagus.. artikelnya juga menarik.. artikel ini bagus, bahasanya mudah dipahami.. semoga bermanfaat
 

Posting Komentar