Alam Sekitar Kita

about science

Sabtu, 13 Desember 2014

perubahan fisika dan perubahan kimia


PERUBAHAN FISIKA DAN KIMIA


Perubahan Materi dipengaruhi oleh sifat fisika dan sifat kimia benda. Sifat fisika termasuk didalamnya bentuk, warna, bau, kekerasan, titik didih dan titik leleh, daya hantar ukuran partikel, dan masa jenis (densitas). Sifa kimia merupakan sifat yang berhubungan dengan mudah sukarnya benda bereaksi kimia. 
Perubahan materi dapat berlangsung cepat dan dapat juga dalam waktu yang lama. (a) Pembakaran kayu berubah dengan cepat, (b) Besi berkarat berlangsung dalam waktu yang relatif lama.
gambar :prubahan besi yang berkarat 
berlangsung dalam waktu yang lama
 
gambar :pembakaran api berlangsung dalam waktu cepat



a)      Perubahan Fisika

Perubahan zat yang tidak disertai dengan terbentuknya zat baru disebut perubahan fisika. Komposisi materi tersebut juga tidak akan berubah. Sebagai contoh, es yang mencair. Baik dalam bentuk es maupun dalam bentuk cair keduanya tetaplah air, yaitu H2O. Contoh perubahan fisika antara lain menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, melarut, serta perubahan bentuk.


b)      Perubahan kimia
Perubahan kimia adalah perubahan zat yang dapat menghasilkan zat baru dengan sifat kimia yang berbeda dengan zat asalnya. Zat baru yang terbentuk dalam perubahan kimia disebabkan adanya perubahan komposisi materi. Perubahan tersebut dapat berupa penggabungan sejumlah zat atau peruraian suatu zat. Berlangsungnya perubahan kimia dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Terbentuknya gas.
Reaksi kimia bersifat unik, pada beberapa reaksi kimia tertentu dapat membentuk gas.
2.      Terbentuknya endapan.
Pada beberapa reaksi kimia tertentu dapat menghasilkan endapan. Mengapa pada reaksi kimia dapat menghasilkan endapan? Reaksi pengendapan adalah reaksi yang menghasilkan suatu senyawa yang berbentuk padatan. Padatan tersebut tidak larut (tidak bercampur secara homogen) dengan cairan di sekitarnya, sehingga disebut sebagai endapan.  
3.      Terjadinya perubahan warna.
Ketika suatu reaksi kimia berlangsung, maka akan terjadi perubahan komposisi dan terbentuk zat baru, yang mungkin memiliki warna yang berbeda.
4.      Terjadinya perubahan suhu.
Reaksi kimia disertai perubahan energi. Salah satu bentuk energi yang sering menyertai reaksi kimia adalah energi panas. Dengan demikian, terjadinya perubahan kimia akan ditandai dengan perubahan energi panas, atau aliran kalor dari atau ke lingkungan. Akibatnya suhu hasil reaksi dapat menjadi lebih tinggi dan dapat menjadi lebih rendah daripada suhu pereaksinya.
b)     Perbedaan perubahan fisika dan perubahan kimia


c)      Contoh perubahan materi di lingkungan sekitar





gambar : lilin mengalami dua perubahan yaitu perubahan fisika dan kimia
perubahan fisika terdapat pada lilin yang meleleh
perubahan kimia terdapat pada sumbu lilin yang berubah menjadi abu


by: Azizatul Zainia

3 komentar:

terima kasih infonya
 
Menurut saya postingan ini sudah bagus. menambah pengetahuan kita serta wawasan kita. terima kasih infonya good :) sangat berguna dan bermanfaat :) terima kasih infonya ya..
 
penjelasannya sangat detail sehingga bisa menjadi sumber belajar si pembaca.. terimakasih
 

Posting Komentar