Alam Sekitar Kita

about science

Sabtu, 13 Desember 2014

Jambu darsono | Ternyata Banyak Manfaat

JAMBU DARSONO | TERNYATA BANYAK MANFAAT


Pada umumnya tidak banyak orang punya pohon jambu darsono. pohonnya mirip pohon jambu air tapi kecil, daunnya lebar, dan jika berbunga memiliki benangsari warna merah muda. buah yang dihasilkan warna luarnya merah hati, tapi kalau dalamnya warna putih, rasanya lezat, dan banyak kandungan air. saya suka buahnya tapi kurang tahu khasiatnya. pada beberapa bulan lalu tetangga saya bilang kalau dia mau minta jambu di depan rumah saya untuk obat. ibu-ibu tetangga saya itu sedang hamil, katanya sih buat memperlancar kehamilannya. saya jadi penasaran ada khasiat apa dari buah jambu darsono.

gambar : warna buah jambu darsono sangat menarik

Jambu Dersono atau disebut juga dengan Jambu Bol (bahasa Melayu) atau jambu jamaika dan dalam bahasa Inggris bernama Malay Apple termasuk kerabat dari jambu jambuan yang memiliki tekstur daging lebih lembut serta lebih padat dibandingkan dengan jambu air dan harganya pun lebih tinggi, dikarenakan rasa dan harum yang dimiliki jam bol pada umumnya lebih disukai. Manfaat Buah Jambu bol hampir sama dan dapat saling menggantikan dengan jambu air, keduanya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah jambu bol sangat kaya akan antioksidan seperti vitamin A dan C, kandungan vitamin A yang dimiliki jambu bol lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin A yang terkandung dalam buah apel. Salah satu manfaat buah jambu bol/darsono yang paling utama adalah dapat mempercantik kulit, vitamin C yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah radikal bebas. Selain itu vitamin C yang terkandung didalam jambu bol ini memiliki fungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler juga untuk kesehatan gusi serta gigi.
gambar: dalam satu pohon terdapat buah yang besar dan kecil
yang kecil berwarna merah hati, yang besar berwarna agak pudar

selain lezat, juga memiliki banyak manfaatKandungan vitamin A yang terkandung didalam jambu bol/darsono sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan, vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih sebagai antibody dan anti virus. Kulit batang yang dimiliki jambu bol dapat digunakan sebagai obat sariawan, sedangkan kayunya yang keras serta kemerahan sangat baik sebagai bahan bangunan, tapi asalkan tidak mengenai tanah. Untuk asal usul buah jambu darsono atau jambu bol ini belum diketahui dengan pasti, namun yang sudah pasti jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatera dan Jawa. Kini, karena manfaat yang dimilikinya, jambu bol ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara Jamaika, Trinidad dan Tobago.
Ternyata jambu darsono juga dapat memperlancar persalinan. jambu darsono yang kaya akan vitamin C dan A ini berkhasiat menjaga kesehatan sel, meningkatkan  penyerapan asupan zat besi, memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma. disamping itu berfungsi sebagai antioksidan yang juga memiliki fungsi menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi serta meningkatkan fungsi sel darah putih (sumber: guna khasiat )

2 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
 
Terima kasih infonya kakaaak, sangat menarik dan menambah wawasan baru :)
 

Posting Komentar